Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Untuk Ibu Rumah Tangga

Perencanaan keuangan keluarga sangat dipengaruhi oleh dua hal penting, yaitu berapa banyak penghasilan Anda, di mana sumbernya dan berapa banyak pengeluaran keluarga bulanan Anda. Katakanlah penghasilan Anda stabil dan belum menemukan sumber pendapatan tambahan untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran. Hal penting yang harus dilakukan adalah menghemat pengeluaran bulanan Anda. Apakah Anda masih bingung bagaimana cara melakukannya? Atau sudah Anda lakukan, tetapi masih kurang efektif? Lihat tips belanja hemat berikut:

1. Gunakan sistem 31 amplop untuk berhemat

Syukri Muhammad Metode Syukri, meskipun terlihat klasik, cukup efektif. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan uang, Anda hanya perlu menyiapkan 31 amplop kosong untuk memulai sistem 31 amplop. Langkah selanjutnya adalah mengambil semua uang Anda dan memasukkannya ke dalam amplop jika perlu, seperti membayar hipotek atau sewa, membeli beras per bulan, listrik, air, telepon, gas, gas, menghabiskan uang untuk anak-anak dan membayar tabungan untuk keadaan darurat dana. Tulis tanggal belanja dari 1 hingga 31. Ketika semuanya terisi, sisanya untuk investasi. Jika dilakukan dengan tertib, ibu rumah tangga akan ditantang untuk lebih kreatif dalam mengelola pengeluaran bulanan.

2. Jangan fokus pada merek

Semakin sering Anda pergi ke mal atau supermarket, godaan untuk berbelanja akan semakin besar. Godaan menjadi lebih kuat ketika ada banyak penawaran, diskon dari berbagai merek terkenal dengan berbagai penawaran menarik, mulai dari produk rumah tangga seperti gula, minyak, makanan ringan, serbet, pembersih lantai dan sebagainya. Jangan tergoda, bandingkan dengan merek lain yang lebih murah. Syukurlah Anda dapat membeli produk yang tidak memiliki nama merek tetapi memiliki fungsi yang sama.

3. Simpan makanan dengan baik untuk waktu yang lama

Beberapa toko makanan, seperti lemari beras, lemari es atau wadah kedap udara, dapat bertahan lebih lama untuk produk makanan. Jika ini berlanjut dan menjadi dan menjadi budaya keluarga, ia menghemat uang untuk pengeluaran bulanan.

4. Buat daftar menu makanan mingguan

Prinsip yang didasarkan pada kebiasaan ini patut dicoba. Dengan membuat daftar menu makanan mingguan, pola toko kami diperiksa untuk mencegah kami membeli makanan yang pada akhirnya boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *